Labels

Kamis, 23 Agustus 2012

Meninggalkan jejak di buku tamu

Aksesoris blog yang sangat populer adalah buku tamu. Fungsi dari buku tamu sering digunakan sebagai alat komunikasi antara pengunjung dengan pemilik blog. Dengan adanya buku tamu maka pengunjung bisa menuliskan pesan untuk si pemilik blog.

Adanya buku tamu sering menjadi pro dan kontra. Jika ada buku tamu di blog sobat, maka pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai alat untuk meninggalkan pesan secara praktis. Pengunjung tidak harus susah-susah meninggalkan pesan lewat kotak komentar, cukup tinggalkan pesan singkat lewat buku tamu.

Namun tidak selamanya buku tamu itu dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif. Adanya buku tamu terkadang sering dimanfaatkan oleh blogger lain untuk meninggalkan SPAM. Ada yang menjadikan buku tamu sebagai alat promosi habis-habisan.

Adapula blogger yang memanfaatkan buku tamu sebagai alat komunikasi untuk mengajak si pemilik blog bertukar klik iklan PPC. Tentu saja hal semacam itu tidak baik dan tidak layak oleh seorang blogger yang baik seperti kita. (hehE)

Terlepas dari pro dan kontra adanya buku tamu pada sebuah blog, kita bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang positif saja. Yaitu, kita akan memanfaatkan buku tamu sebagai jalan masuk kunjungan blog kita. Sama halnya dengan blogwalking, buku tamu tetap punya etika.

Kita tidak boleh meninggalkan SPAM, dan kita juga tidak boleh memanfaatkan buku tamu secara berlebihan. Tinggalkanlah pujian dan pesan yang positif di buku tamu agar sang pemilik blog akan dengan senang hati mengunjungi blog kita.

Meninggalkan pesan di buku tamu blog lain juga sangat mudah. Sobat hanya perlu mengunjungi blog tersebut lalu mengisi form isian yang ada di buku tamu blog tersebut. Silahkan isi nama sobat, URL sobat dan tentunya pesan yang ingin anda tinggalkan.

Sumber: Jeffery Hellianthusonfri & Java Creativity

2 komentar:

Google Ping My page rank Ping O-matic Pingonat