Labels

Sabtu, 25 Agustus 2012

Cara Mengajar Yang Menyenangkan

Guru adalah sebuah profesi yang membutuhkan kemampuan mengelola emosi selain mengaplikasikan disiplin ilmu yang dimiliki. Menjadi guru bukanlah perkara yang mudah apabila kita tidak mengerti tujuan dan landasan pendidikan yang diinginkan. Apalagi kita tidak punya keahlian atau metode yang pas dalam proses pengajaran tentu kita akan cepat jenuh. Berikut adalah tips buat anda sang pengajar:

1. Mengerti tujuan
Tak bisa kalau anda sebagai guru harus mengerti tujuan anda mengajar dan buat apa materi yang anda berikan pada siswa. Secara global guru harus mengerti tujuan dari pendidikan

2. Mengerti metode
Kalau sudah mengerti tujuan pengajaran. Di tingkat sekolah menengah, guru harus bisa bergaul dengan cara mereka, seperti tahu apa yang sedang digandrungi mereka jadi ketika anda mengajar bisa diimprovisasi dengan materi yang anda berikan. Sedangkan di tingkat SLTA, pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan materi andargofy, yaitu proses pembelajaran yang memberikan pilihan kepada siswa untuk memilih yang paling baik di antara yang baik.

3. Menguasai bahan ajar
salah satu kompetensi profesi seorang guru, mereka haruslah mendalami disiplin ilmu yang digunakan dalam mengajar. Selain itu mereka harus mengupgrade dirinya sebagai tenaga pengajar sesuai dengan ilmu yang dikuasainya dan mencari info up to date tentang disiplin ilmunya.

4. Mengelola kelas
permasalahan dalam proses pembelajaran adalah ketika siswa dan guru berinteraksi di kelas. Apabila guru tidak bisa mengelola kelas dengan baik, maka nuansa belajar tidak akan efektif. Jadi buat anda para guru harus cekatan mencari buku dan sumber lain bagaimana cara mengelola kelas yang efektif.

5. Menjaga sikap dan prilaku
Peran sentral dari seorang guru selain memberikan pencerahan dalam ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmunya adalah menjaga sikap dan prilaku. Guru layaknya menjadi panutan dan contoh yang baik mengingat slogan "digugu dan ditiru". Digugu perintahnya dan ditiru prilakunya...

6. Penggunaan teknologi tepat guna
Point ke 6 ini selalu menjadi permasalahan umum bagi guru-guru yang lahir pada masa kejayaan Soekarno mengingat teknologi waktu itu belum begitu berkembang sehingga cara tradisional adalah jalan terbaik yang digunakan selama proses pembelajaran. Zaman berubah sangat cepat, teknologi berkembang begitu pesat. Guru yang menyenangkan layaknya mampu menggunakan teknologi sebagai media untuk mempermudah siswa menerima input pembelajaran.

7. Berpikir secara sistematik dalam menerapkan pembelajaran.
'
8. Refreshing

Mengajar yang menyenangkan adalah ketika guru menikmati dan mencintai pekerjaannya. Refreshing merupakan suplemen penting dalam menciptakan situasi yang menyenangkan dalam pembelajaran. Guru bisa bercerita dengan gambar, menunjukan efek audio visual yang tentu saja terdapat nilai penting yang dapat siswa sebagai ilmu pengetahuan, atau guru bisa sesekali memberikan candaan dan mengajak siswa keluar untuk belajar dengan lingkungan seperti memahami aneka ragam flora dan fauna.

Cara mengajar yang menyenangkan sangat menentukan keberhasilan seorang guru dalam mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Ping My page rank Ping O-matic Pingonat